MDG’s atau Millennium Development Goals (Tujuan Pembangunan Millennium) adalah delapan tujuan terkait permasalahan global. Semuanya harus tercapai pada tahun 2015. Tujuan Pembangunan Millennium ini adalah hasil Deklarasi Millennium yang diadopsi oleh 189 negara dan ditandantangani oleh 147 kepala Negara dan pemerintahan pada UN Millennium Summit pada bulan Semptember 2000. Kedelapan tujuan yang terdiri dari 21 target kuantitatif yang dapat diukur dengan 60 indikator ini adalah:

  1. Memberantas Kemiskinan Ekstrim dan Kelaparan
  2. Dicapainya Pendidikan Tingkat Dasar yang Merata dan Universal
  3. Memajukan Kesetaraan Gender
  4. Mengurangi Tingkat Mortalitas Anak
  5. Memperbaiki Kualitas Kesehatan Ibu Hamil
  6. Memerangi HIV/AIDS, Malaria, dan Penyakit Menular Lain
  7. Menjamin Kelestarian Lingkungan.
  8. Menjamin Kerjasama Global bagi Perkembangan Kesejahteraan.

MDG’s menyediakan kerangka kerja bagi seluruh sistem PBB dalam bekerja sama menghasilkan tujuan bersama. Jaringan pembangunan global UNDP di 166 negara secara khusus diposisikan untuk membantu advokasi perubahan, menghubungkan negara-negara dengan pengetahuan dan sumber daya, dan mengkoordinasikan upaya-upaya yang lebih luas pada tingkat negara. Kinerja UNDP terhadap MDGs berpedoman kepada Strategi Utama PBB dalam MDGs

Yang saya ketahui, sampai sekarang 93 negara dengan 62% dari populasi dunia tidak berada di jalur untuk mengurangi sampai dua pertiga angka kematian anak di bawah lima tahun pada tahun 2015.