MDG’s (Millenium Development Goals) merupakan suatu terobosan terbaru untuk mengatasi berbagai masalah yang dihadapi negara berkembang. Delapan tujuan yang diupayakan untuk dicapai pada tahun 2015 yaitu, pengentasan  kemiskinan dan kelaparan yang ekstrem, pemerataan pendidikan dasar, mendukung adanya persamaan gender dan pemberdayaan perempuan, mengurangi tingkat kematian anak,     meningkatkan kesehatan ibu, perlawanan terhadap HIV/AIDS, malaria dan penyakit lainnya, menjamin daya dukung lingkungan hidup, dan mengembangkan kemitraan global untuk pembangunan. Kedelapan tujuan tersebut memiliki beberapa target di setiap tujuan yang harus direalisasikan.

Sesungguhnya semua tujuan tersebut tidak mutlak harus diselesaikan oleh negara berkembang saja, peran serta negara maju juga penting. Mereka dapat memberikan bantuan dalam bidang ekonomi, baik bantuan langsung, pengurangan hutang, dan terbukanya akses perdagangan bagi negara miskin. Dalam bidang kesehatan, bantuan dapat berupa pengiriman beasiswa pendidikan medis, pertukaran tim kesehatan, pemberian bantuan alat-alat medis, mendukung peningkatan standar hidup bersih dan sehat dan lain-lain. Dalam bidang sosial, bantuan dapat berupa  membangun  kerja sama yang saling menguntungkan kedua belah pihak untuk meningkatkan rasa solidaritas antarnegara.

Proyek pembangunan global yang dideklarasikan oleh 189 negara anggota PBB dan ditandatangani oleh 147 negara pada tahun 2000 menandai awal milinium baru. Tujuan utama proyek global ini adalah untuk mengurangi jumlah orang yang hidup di bawah garis kemiskinan di seluruh dunia. Parameter dari target MDGs adalah mereka yang hidup dengan biaya kurang dari 1 dolar Amerika Serikat per hari. Upaya untuk memerangi kemiskinan di dunia diperlukan komitmen global, tetapi komitmen yang dibangun seharusnya mencerminkan pola hubungan yang sejajar antara negara berkembang dan negara maju. Negara maju memiliki “utang” sejarah dengan negara-negara berkembang yang harus dilunasi. Utang tersebut adalah sumber daya alam yang telah dikeruk selama bertahun-tahun. Oleh karena itu, baik negara berkembang maupun maju harus saling mendukung untuk terealisasinya MDG’s (Millenium Development Goals)