MDGs merupakan singkatan dari Millenium Development Goals atau diartikan sebagai Tujuan Pembangunan Millenium, merupakan sebuah proyek pembangunan yang dicanangkan oleh 189 negara anggota PBB pada tahun 2000. MDGs  terdiri dari 8 tujuan yang diharapkan bisa dicapai oleh masing-masing negara pada 2015. Yakni:

1. Menanggulangi kemiskinan dan kelaparan

2. Pendidikan Dasar untuk seluruh masyarakat dunia

3. Kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan

4. Mengurangi tingkat kematian anak

5. Meningkatkan kesehatan ibu

6. Memerangi HIV/AIDS, malaria, dan penyakit menular lain

7. Menjamin kelestarian lingkungan hidup

8. Mengembangkan kemitraan global untuk pembangunan

Pengimplementasian MDGs di masing-masing negara tidak sama, tergantung kepada keadaan dan kebutuhan negara tersebut. Sebagai negara berkembang dan turut berpartisipasi dalam MDGs, Indonesia tentu wajib mengusahakan agar kedelapan tujuan tersebut tercapai pada 2015. Sedangkan negara-negara maju yang pada umunya sudah memenuhi sebagian besar target dalam MDGs, berkewajiban untuk mendukung dan membantu negara berkembang dalam mencapai MDGs.

MDGs diharapkan dapat menjadi pangkal perubahan di millenium yang baru ini, yakni untuk mewujudkan masyarakat dunia yang sejahtera dan setara. Untuk itu memang perlu partisipasi dari berbagai pihak dan kepentingan.

Di Indonesia sendiri, MDGs mengalami kendala yang tidak sedikit. Dana merupakan batu sandungan terbesar, namun tentu tidak menutup kemungkinan Indonesia untuk dapat memenuhi MDGs pada 2015.