MDGs adalah Millenium Developtment Goals atau tujuan pembangunan millennium yang merupakan kesepakatan negara-negara yang ditanda-tangani pada tahun 2000 yang mesti dicapai pada 2015.

MDGs berisikan delapan tujuan , (1) menghapuskan kemiskinan dan kelaparan , (2) mencapai dasar pendidikan bagi semua (3) mendorong kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan , (4) menurunkan angka kematian anak , (5) meningkatkan kesehatan ibu , (6) memerangi HIV/AIDS , malaria , dan penyakit-penyakit lainnya , (7) memastikan kelestarian lingkungan hidup , (8) mengembangkan kemitraan global untuk pembangunan. Oleh karena itu, MDGs seakan menjadi tolak ukur dalam penyelenggaraan pembangunan di Indonesia, baik tingkat pusat maupun lokal.

Kemajuan pembangunan suatu Negara diukur dari kualitas sumber daya manusianya. Walaupun MDGs telah berlangsung selama 10 tahun, belum terlihat pencapaian tujuannya. Bagaimana mau tercapai bila masih banyak penduduk yang hidup dalam garis kemiskinan , belum terpenuhinya akses pendidikan dasar yang merata bagi semua orang., masih tingginya angka kematian ibu dan bayi, pengangguaran yang merajalela dan kurangnya lapangan kerja.

Semua faktor penghambat itu dikarenakan rendahnya pendidikan di Indonesia terhadap penduduknya. Walaupun Indonesia belum bisa mencapai perumusan MDGsnya, diharapkan hal tersebut akan dijadikan bahan acuan dalam membangun negeri ini.