Sebagaimana yang sudah kita ketahui, MDGs (Millennium Development Goals) bukanlah hal yang asing lagi bagi kita pada tahun 2010 ini. Hal ini sudah sepatutnya dikarenakan pada tahun 2000, perwakilan-perwakilan dari 189 negara menandatangani deklarasi yang mengandung tujuan dan target pembangunan dan harus diusahakan pencapaiannya sebelum tahun 2015.

Tujuan-tujuan dan target yang ditekankan pada pembangunan millennium ini yaitu mencegah kemiskinan dan kelaparan yang dilanda masyarakat dunia internasional, mencapai pendidikan dasar untuk semua kalangan, mendorong kesadaran gender dan pemberdayaan perempuan, menurunkan angka kematian anak, meningkatkan kesehatan ibu, memerangi HIV/AIDS, malaria dan penyakit infeksi lainnya, serta membangun kemitraan global untuk pembangunan.

Masalah utama dalam pembangunan millennium ini yang terpenting adalah pendidikan, karena pendidikan merupakan kebutuhan dasar bagi setiap orang di dunia internasional demi mewujudkan kemakmuran dan menanggulangi pengangguran. Disamping itu, Indonesia dalam mengatasi tantangan ini sudah  terdesentralisasi dan terimplikasi sejak lama, karena Indonesia memang bertujuan untuk mengakhiri kemiskinan umat manusia melalui pendidikan. Jadi, kebijakan Millennium Development Goals ini sangat efektif dalam membangun Negara secara internasional jika memiliki keseriusan yang tinggi.