Setahu saya MDG adalah Millenium Development Goals atau tujuan pembangunan millennium yang terdiri dari 8 tujuan yang ingin dicapai berbagai bangsa kalau tidak salah pada tahun 2015. Tentu saja MDG adalah komitmen Negara-negara maju ataupun berkembang untuk menangani masalah-masalah pokok yang sering dihadapi oleh berbagai Negara seperti kemiskinan dan hak asasi manusia.

Saya rasa belum banyak orang yang mengenal MDG karena jarang saya mendapati MDG menjadi topic pembicaraan atau di beritakan di Koran.

Milenium Development Goals ini ingin dicapai oleh berbagai Negara ini didapat dari kesepakatan global tetapi tak akan mengurangi karakteristik setiap Negara. Hal ini diarahkan agar setiap Negara dapat lebih mudah untuk mencapai tujuan global ini.

Indonesia termasuk Negara yang menganut MDG, saya akui banyak pembangunan-pembangunan yang telah dilakukan Negara ini untuk mengurangi 8 masalah pokok Negara tetapi saya juga melihat masih banyak infastruktur yang belum selesai. Masih banyak daerah-daerah pelosok Indonesia yang belum mendapatkan aliran listrik dan  tidak ada sama sekali jalur transportasi yang memadai. Ini meruapak salah satu masalah infastruktur utama. Juga masih ada anak-anak yang tidak bersekolah meyebabkan meningkatnya angka buta huruf.

Walaupun saya yakin Negara ini sudah berkomitmen untuk menyelesaikan MDG tetapi tetap saja rasanya ada yang kurang. Saya tahu bahwa pendanaan negeri ini belum memadai. Anggaran dana yang kurang memang menjadi masalah, tetapi menurut saya bukan itu yang menjadi masalah, tetapi pemerataan dana ke daerah-daerah yang menjadi masalah.