Tujuan Pembangunan Milenium (“Millennium Development Goals”, atau MDGs) mengandung delapan tujuan sebagai respon atas permasalahan perkembangan global, yang kesemuanya harus tercapai pada tahun 2015.  Tujuan Pembangunan Milenium adalah hasil dari aksi yang terkandung dalam Deklarasi Milenium yang diadopsi oleh 189 negara dan ditandatangi oleh 147 kepala Negara dan pemerintahan pada UN Millennium Summit yang diadakan di bulan September tahun 2000. MDG’s atau panjangnya MILLENIUM DEVELOPMENT GOALS adalah Suatu komitmen peminpin dunia untuk ;

  • mengurangi setengah dari penduduk dunia yang berpenghasilan kurang dari 1 dolar AS perhari dan mengalami kelaparan .
  • memastikan bahwa setiap anak, baik laki – laki dan perempuan mendapat dan menyelesaikan tahap pendidikan dasar.
  • mengurangi perbedaan dan deskriminasi gender dalam pendidikan dasar menengah.
  • mengurangi dua pertiga tingkat kematian anak – anak baik laki- laki maupun perempuan dibawah lima tahun.
  • mengurangi dua per tiga rasio kematian ibu dalam proses melahirkan.
  • menghentikan dan memulai pencegaha penyebaran HIV atau AIDS , Malaria dan penyakit berat lainnya.
  • menjamin daya dukung lingkungan hidup dengan mengintegrasikan prinsip – prinsip pembangunan dan berkelanjutan dalam kebijakan setiap Negara dan program serta mengurangi hilangnya sumber daya manusia.
  • meengembangkan kemitraan global untuk pembangunan dengan ;
  1. mengembangkan lebih jauh perdagangan terbuka dan system keuangan yang berdasarkan aturan, dapat diterka dan tidak ada deskriminasi, termasuk komitmen trhadap pemerintahan yang baik,pembangunan dan pengangguran tingkat kemiskinan secara nasional dan internasional.
  2. Membantu kebutuhan – kebutuhan khusus Negara – Negara kurang berrkembang, dan kebutuhan khusus dari Negara – Negara terpencil dan kepulauan – kepulauan kecil. Ini termasuk pembebasan tariff dan kouta untuk ekspor mereka, meningkatkan pembebasan hutang Negara miskin yang hutangnya besar, pemtalan hutan bilateral resmi, dan menambah bantuan pembanguna resmi untuk Negara berkomitmen untuk mengurangi kemiskinan.
  3. Secara komperhensif mengushakan persetujuan mengenai masalah utang Negara berkembang.
  4. Menghadapi secara koperhensif dengan Negara berkembang dengan masalah huitang melalui pertimbangan nasional dan internasional untuk membuat hutangb lebih gampang ditanggung dalam jangka panjang.
  5. Mengembangkan usaha produktif dan layak dijalankan untuk kaum muda dalam bekerja sama dengan pihak “Pharmateutical” dalam menyediakan akses obat penting yang terjangkau dalam Negara berkembang.
  6. Dalam kerja sama dengan pihak swasta membangun adanya penyerapan keuntungan dari teknologi – teknologi baru, terutama teknologi informasi dan komunikasi ,dll.

Pada hal MILLENIUM DEVELOPMENT GOALS atau singkatnya  MDG’s pelajar pun berperan penting dalam hal ini.