Millenium Development Goals (MDG’s) atau tujuan pembangunan

milenium adalah upaya untuk memenuhi hak-hak dasar kebutuhan

manusia melalui komitmen bersama antara 189 negara anggota PBB.

MDG’s dideklarasikan pada bulan september tahun 2000 dalam KTT Milenium PBB di New York, Amerika Serikat. Fokus utama dalam MDG adalah pembangunan manusia, dengan meletakkan dasar pada konsensus dan kemitraan global untuk pembangunan. Diharapkan, negara-negara yang lebih kaya dapat mendukung negara-negara miskin dan berkembang dalam melaksanakan tugas pembangunan mereka.

Dalam MDG’s terkandung delapan tujuan pembangunan, yaitu menanggulangi kemiskinan dan kelaparan, mencapai pendidikan dasar untuk semua, mendorong kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan, menurunkan angka kematian anak, meningkatkan kesehatan ibu, memerangi penyebaran HIV/AIDS, malaria dan penyakit menular lainnya, kelestarian lingkungan hidup, serta membangun kemitraan global dalam pembangunan.

Pemerintah Indonesia melaksanakannya dibawah koordinasi Bappenas. UNDP membantu negara-negara berkembang dalam membuat laporan dan rencana MDG’s di tingkat negara. Saat ini MDG’s telah menjadi referensi penting pembangunan di Indonesia, mulai dari tahap perencanaan seperti yang tercantum pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) hingga pelaksanaannya. Selain itu, MDG’s juga telah menjadi dasar perumusan Strategi Penanggulangan Kemiskinan di tingkat nasional dan daerah. Pemerintah Indonesia sendiri mengeluarkan laporan MDG’s pertama kali pada tahun 2004 dan laporan ini diperbaharui setiap tahunnya.