Millennium Development Goals adalah delapan tujuan yang diupayakan tercapai di tahun 2015 dalam pembangunan di seluruh dunia. Tindakan dan target yang harus dilakukan dijabarkan dalam Deklarasi Milenium yang diadopsi dari 189 Negara pada saat Konfrensi Tingkat Tinggi Milenium di New York pada bulan September 2000. Indonesia termasuk dalam 189 negara tersebut.

Delapan butir MDG’s terdiri  21 target kuantitatif dan 60 indikator. Delapan tujuan itu adalah pengentasan kemiskinan dan kelaparan yang ekstrim, pemerataan pendidikan dasar, mendukung adanya persamaan gender dan pemberdayaan perempuan, mengurangi tingkat kematian anak, meningkatkan kesehatan ibu, perlawanan terhadap HIV/AIDS, malaria, dan penyakit lainya,menjamin daya dukung lingkungan hidup, serta mengembangkan kemitraan global untuk pembangunan.

Dalam proses pelaksanaanya MDG’s dibantu oleh proyek milenium sebagai lembaga penasehat independent. Untuk mencapai tujuan MDG tahun 2015 diperlukan koordinasi, kerjasama serta komitmen dari seluruh pemangku kepentingan, utamanya pemerintah (nasional dan lokal), masyarakat sipil, akademia, media, sektor swasta dan komunitas donor. MDG’s Indonesia bekerjasama dengan BAPPENAS, Kementrian oordinator Kesejahteraan Rakyat, Badan Pusat Statistik Republik Indonesia, UNDP, Desentralization Support Facility, dan JBIC.