Millenium Development Goals atau MDG’s adalah delapan tujuan rekonstruktif yang dimuat dalam Deklarasi Millenium PBB 2005 ditargetkan terealisasi dalam dunia internasional pada tahun 2015. Secara verbal, istilah MDG’s telah ditranslasikan sebagai Tujuan Pembangunan Millenium dalam bahasa Indonesia. Kedelapan tujuan tersebut antara lain:

  1. Pengentasan kemiskinan dan kelaparan ekstrem
  2. Pemerataan pendidikan dasar
  3. Persamaan gender
  4. Penurunan tingkat kematian anak
  5. Peningkatan kesehatan ibu
  6. Pencegahan HIV/AIDS, malaria, dan penyakit endemik lain
  7. Pelestarian lingkunan
  8. Pembangunan dengan menjalin relasi antar-negara

Dalam lingkup nasional sendiri, MDG’s pada kurun waktu 2005-2015 turut menjadi referensi bagi pemerintah Indonesia untuk menentukan target pembangunan nasional. Sejauh ini, Indonesia telah menyelesaikan penyusunan laporan pertama penerapan MDG’s domestik sebagai bukti otentik keikutsertaannya dalam realisasi komitmen internasional tersebut.

Sayangnya, selama masa penerapan MDG’s yang telah dilewati, upaya ini kerap kali berbenturan dengan kendala-kendala kompleks negara sendiri, seperti fakta bahwa pemerintah menanggung beban utang Rp97,72 triliun padahal perwujudan pengentasan kemiskinan, kelaparan, pemerataan pendidikan, dan peningkatan kesehatan juga membutuhkan pendanaan bernominal besar. Belum lagi populasi penduduk Indonesia yang tinggi dan beragam sehingga menimbulkan kendala dalam bidang edukasi, pencegahan penyakit endemik, dan kemiskinan.