MDGS disingkat dalam bahasa Inggris  Millenium Development Goals adalah delapan tujuan yang diupayakan untuk dicapai pada tahun 2015 merupakan tantangan terbesar dalam pembangunan yang ada diseluruh dunia. Tantangan ini diambil dari tindakan dan target yang dijabarkan dalam Deklarasi Millenium yang diadopsi oleh 189 negara dan ditandatangani oleh 147 kepala pemeritahan dan kepala negara pada saat Konferensi Tingkat TInggi(KTT) Millenium di New York pada bulan September 2000.

Pada September 2000, Pemerintahan Indonesia, bersama dengan 189 negara berkumpul untuk menghadiri Pertemuan Puncak Millenium di New York dan menandatangani Deklarasi Millenium.

Deklarasi ini berisi sebagai komitmen dan komunitas internasional untuk mencapai 8 buah sasaran menyongsong tahun 2015 yang telah disetujui oleh semua negara. Deklarasi Millenium PBB ini berisi  : 1. Mengurangi kemiskinan dan kelaparan yang ekstrim 2. Pemerataan pendidikan dasar  3. Mendukung adanya persamaan jender dan pemberdayaan perempuan 4. Mengurangi tingkat kematian anak 5. Meningkatkan kesehatan ibu 6. Perlawanan terhadap HIV atau AIDS, malaria, dan penyakit lainnya 7. Menjamin daya dukung lingkungan hidup 8. Mengembangkan kemitraan global untuk pembangunan.

Sasaran Pembangunan Milenium yang ingin dicapai Indonesia adalah Indonesia dibantu dengan kelompok kerja PBB untuk menyelesaikan laporan MDGs yang tercantum dalam bahasa Indonesia lalu diubah ke dalam bahasa Inggris untuk mengukur dan menganlisa, mengidentifikasi dan meninjau kembali kebijakan untuk memenuhi sasaran yang ingin dicapai.